Kebutuhan untuk perjalanan dinas pimpinan, pejabat, dosen dan pegawai UIN Sunan Ampel Surabaya yang dalam satu tahun 2015 omset penjualannya mencapai 2,8 milyar, yang menginspirasi Pusat Pengembangan Bisnis untuk mendirikan UINSA Tour & Travel. Pada saat ini, unit bisnis ini sementara hanya bergerak pada penyediaan jasa ticketing pesawat udara baik domestic maupun international.

Dari sisi keagenan, selama ini proses ticketing Tour & Travel UIN Sunan Ampel dikelompokkan manjadi beberapa jenis :

  1. Corporate Online System (COS)

Corporate Online System yang dikenal dengan istilah COS merupakan fasilitas keagenan yang diberikan oleh maskapai Garuda Indonesia kepada Perguruan Tinggi Negeri sebagai corporate partner.Keagenan dengan Corporate Online Systemini banyak memberikan keuantungan bagi UIN Sunan Ampel, disamping mendapatkan potongon 15 % dari harga dasar (basic fare), juga memperoleh tambahan bagasi 10 kg untuk tiket kelas J, C, D, Y, B, M, K dan N, serta effisiensi anggaran belanja tiket pesawat untuk perjalanan dinas.

Kerja sama Corporate Online System dengan maskapai Garuda Indonesia sudah berlangsung sejak bulan Juni 2013 dengan omset hampir ratusan juta rupiah setiap bulan. Pemesanan tiket pesawat Garuda ini berlaku untuk siapa saja termasuk pejabat, dosen dan pegawai di lingkungan UIN Sunan Ampelserta keluarganya.

Potongan 15 % basic fare dari harga dasar tiket tidak diberikan langsung kepada UINSA Tour & Travel Pusat Pengembangan Bisnis sebagaimana potongan tiket untuk travel agent, akan tetapi harga pembelian tiket dengan system COS ini sudah lebih murah 25 % dari tiket yang dibeli di travel agent non COS, sehingga UINSA Travel & Tour akan ditambahkan 2,5% dari harga tiket yang tercetak khusus untuk perjalan dinas sebagai service fee dan keuntungan Pusat Pengembangan Bisnis.

 

  1. Travel Agent

Sistem pengeloaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) pada perguruan tinggi negeri tidak serta merta menjadi prioritas dalam pengurusan perijinan usaha, demikian itu juga dirasakan oleh Pusat Pengembangan Bisnis ketika mencoba untuk mengurus ijin untuk menjadi travel agent pada beberapa maskapai penerbangan yang ada di Indonesia.

Hanya maskapai Citilink anak perusahaan Garuda Indonesia yang merupakan satu-satunya maskapai yang menerima UINSA Tour & Travel sebagai corporate dan travel agent untuk pemesanan tiket pesawat Citilink baik domestic maupun international dengan prosedur yang sangat mudah dan tidak rumit. Dari maskapai ini, UINSA Travel disamping memperoleh keuntungan dari potongan harga tiket yang tertulis di system yang dikenal dengan Nett to Agent (NTA) yang harganya sama dengan agen-agen lain.

Disamping NTA yang diperoleh UINSA Tour & Travel dari kerjasama dengan citilink juga UINSA Corp mendapatkan fasilitas Open dan rerute citilink dengan menambah biaya Rp. 200.000/rute sehingga tiket yang sudah dipesan tidak hangus begitu saja karena faktor no show, rerute maupun reschedule.

  1. Sub Agent

Setelah berpengalaman menjadi sub-agent dari 2travel agentdiantaranya Praktis Travel & Tour Pasuruan dan Araya Tour & Travel Surabaya yang biasanya hanya memperoleh Rp. 5.000 – 15.000 dari setiap transaksi yang dilakukan di samping itu UINSA Travel hanya bisa booking Ticket,dan tidak secara otomatis bisa issued ticket.

Ketergantungan yang sedemikian rumit itulah yangkemudian menyemangati Pusat Pengembangan Bisnis untuk menjalin kerja sama operasional (KSO) dengan PT. Darmawisata Indonesia Tour & Travel yang sampai akhir tahun 2015 UINSA Tour & Travel dapat melakukan booking & issued tiket pesawat, hotel, kereta api, bus malam bahkan juga bisa untuk penjualan pulsa handphone, Token PLN serta pembayaran listrik dan kartu Halo pasca bayar.