UIN MATARAM GELAR STUDENT MOBILITY KE UINSA

Kamis, 05 April 2018, UIN Sunan Ampel Surabaya secara khusus mendapat kunjungan dari UIN Mataram. Sebanyak 60 Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi angkatan tahun 2014, sengaja diboyong UIN Mataram dalam rangka kegiatan Student Mobility di wilayah Surabaya dan Malang. “Alhamdulillah rencana untuk berkunjung ke UINSA akhirnya bisa terlaksana. Bagaimanapun UIN Mataram ini kan cucunya UINSA,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Nurul Yakin, M.Pd., dalam sambutan mewakili UIN Mataram pada ceremony pembukaan yang digelar di Ruang Sidang Senat Lt. 9 Twin Towers A UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Ampel Surabaya, Prod. Dr. H. Ali Mufrodi, MA. menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus terima kasih. Atas kepercayaan UIN Mataram menjadikan UINSA sebagai destinasi kunjungan untuk melakukan diskusi sekaligus sharing pengalaman. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa berkah serta manfaat bagi kedua universitas. Karena bagaimanapun, UINSA dan UIN Mataram jelas memiliki hubungan yang sangat dekat,” ujar Prof. Ali.

Kedekatan tersebut, menurut Prof. Ali, tidak hanya karena adanya paguyuban rektor yang menaungi para pimpinan perguruan tinggi untuk bisa berbagi informasi. Namun, kedekatan tersebut juga mengingat adanya keterikatan masa lalu antara kedua universitas. Yakni, dimana UINSA merupakan cikal bakal dari UIN Mataram yang dulunya merupakan cabang IAIN SA (UINSA sebelum alih status pada 2014).

Dalam rangka pengenalan kelembagaan, Prof. Ali menjelaskan, mengenai kondisi akademik UIN Sunan Ampel Surabaya. Diantaranya jumlah mahasiswa yang mencapai 15 ribu orang, dengan 2/3 merupakan mahasiswi. Hal lainnya yang juga disampaikan Prof. Ali, yakni adanya fasilitas pesantren putra dan putri bagi mahasiswa. Kendati untuk daya tampung memang belum sepenuhnya optimal, baru sekitar 400 orang.

“Meskipun begitu, program ma’had (pesantren) diberlakukan bagi semua mahasiswa baru pada tahun pertama selepas jam kuliah ba’da shalat Ashar,” terang Prof. Ali. Tak lupa, Prof. Ali juga menyampaikan, adanya program intensif pengembangan kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa baru pada tahun pertama kuliah. Termasuk juga, adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai media pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berbagai bidang.

Sementara itu, Dr. Nurul dalam sambutannya, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat pihak kampus yang dianggap sebagai leluhur UIN Mataram tersebut. Berkunjung serta belajar pada UIN Sunan Ampel Surabaya, menurut Dr. Nurul, menjadi sesuatu hal yang memang seharusnya. “Kami dan para mahasiswa sungguh terkagum ketika sampai Ke UINSA. Subhanallah UINSA sudah benar-benar berkembang,” ujar Dr. Nurul kagum.

Selain itu, kunjungan tersebut juga merupakan masukan dari para mahasiswa sendiri yang merasa perlu untuk mengenal lebih dekat kampus yang menjadi cikal bakal tempatnya menimba ilmu. “Saya berharap, dengan kunjungan ini juga semakin merekatkan tali silaturahmi kita semua,” lanjut Dr. Nurul.

Dalam kesempatan sambutan, Dr. Nurul juga menyempatkan diri memperkenalkan para rombongan. Terdiri dari mahasiswa bidikmisi angkatan 2014, beserta pendamping, dan para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Mataram. “Rombongan kami ini, khususnya mahasiswa berasal dari kalangan yang cukup heterogen. Jadi, kami sampaikan terima kasih dan permohonan maaf, barangkali ada tindak tanduk kami yang mungkin kurang berkenan,” ujar Dr. Nurul memungkasi sambutan.

Disamping ceremony penyambutan rombongan UIN Mataram, pada kesempatan tersebut juga digelar sesi tanya jawab, serta paparan selayang pandang Profil Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Sesi paparan ini disampaikan langsung Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I. Usai ceremony penyambutan rombongan, kegiatan nantinya akan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang diselenggarakan Hari ini, di GreenSA Inn Hotel Surabaya, Pukul 19.00-22.00 WIB. (Humas)