Manajemen Properti

Bisnis pelayanan jasa property management ini merupakan usaha yang baru dirintis oleh Pusat Pengembangan Bisnis dalam rangka memanfaatkan dan mengelola lahan dan asset kampus secara professional dan transparan yang sebelumnyamenjadi tanggung jawab langsung Bagian Umum Kantor Pusat UIN Sunan Ampel.

Property management yang dimaksud dalam hal ini adalah segala macam asset kampus baik berupa tanah lahan kosong, udara maupun bangunan beserta perabot rumah tangga yang ada di dalamnya, pengelolaannya menjadi hak Pusat Pengembangan Bisnis sedangkan pemeliharaannya menjadi tanggung jawab Bagian Umum sebagai pemilik asset yang pada tahun 2015, omset penjualan property management UIN Sunan Ampel Surabaya mencapai Rp. 1 milyar lebih. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai tanggal pemesanan dan jadwal yang kosong dapat diakses melalui SIFASUM.

Berikut berapa jenis asset kampus yang dikelola Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Ampel, diantaranya adalah:

No Nama Aset Jumlah
1 Convention Hall “Sunan Ampel”
(Lokasi : GreenSA inn & Training Centre)
1
2 Auditorium “Sunan Ampel”
(Lokasi : Kampus I)
1
3 Auditorium SAC
( Lokasi : Gedung SAC Lt. 3)
1
4 Penggunaan Auditorium KOPERTAIS (Lokasi : Gedung Kopertais Lt. 2) 1
5 Meeting Room
(Lokasi : Training Centre GreenSA inn Lt.5)
1
6 Meeting Room
(Lokasi : Training Centre GreenSA inn Lt.4)
4
7 Pelayanan Kamar GreenSA inn & Training Centre 66
8 Pelayanan Kamar Gedung Transit Dosen 6
9 Pelayaan Kamar Rusunawa Putra/Putri 80
10 Pelayanan Catering di GreenSA inn & Kampus
11 Ruang Kelas Gedung SAC 2
12 Ruang Kelas Biasa –Kampus 1
13 Ruang Kelas Pascasarjana 18
14 Masjid Ulul Albab (Untuk acara Akad Nikah atau sejenisnya) 1
15 Penggunaan Bus Kecil Non AC 1
16 Penggunaan Bus Kecil AC 2
17 Penggunaan Gedung kampus untuk Kantor Bank ukuran 16 x 15 m2 3
18 Penggunaan lahan kosong / ruang kampus untuk ATM ukuran 1 x 1,5 m 4
19 Penggunaan lahan kosong / ruang GreenSA Inn untuk ATM ukuran 2 x 2 m2
20 Penggunaan Ruang kampus untuk Perkantoran, Lembaga Pendidikan, Pelatihan, dan Pelayanan Jasa ukuran 3 x 5 m2 5
21 Penggunaan Ruang GreenSA inn untuk Perkantoran, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan, dan Pelayanan Jasa 18
22 Penggunaan Ruang untuk Kantin Umum ukuran 3 x 5 m2 6
23 Penggunaan Gedung untuk Kantin Dharma Wanita. Ukuran 16 x 27 m2 1
24 Kantin Rusunawa Putra/Puteri dan Fakultas ukuran 3 x 5 m2 1
25 Stand di ruang terbuka Halaman kampus dan Gedung BC 2mx2m 5
26 Stand di Ruang BC GreenSA inn 2mx2m
27 Penggunaan Ruang Gedung untuk Pertokoan. (Ukuran 14 x 10 m2) 1
28 Penggunaan Ruan Permanen (Kantin Maqha) untuk Toko Buku ukuran 4 x 2 m2 1
29 Penggunaan Ruangan untuk fotocopy komersial di kampus, fakultas, pascasarjana, dll. 1
30 Ruang untuk mini market, gerai penjualan, dll GreenSA inn & Training Centre ukuran 3,5 x 6 m2 1
31 Mobil Kas Bank Keliling
32 Standterbuka pada acara Seremonial/Pameran (Wisuda, dll)
33 Pedagang Tidak Menetap/Keliling pada Acara Seremonial
34 Sewa Tenda Limas 3x3m 6
35 Jasa Pelatihan dan Intelektual yang menggunakan aset dan atas nama Univeristas
36 Pengadaan perumahaan dinas untuk dosen dan karyawan
37 Kegiatan parkir di lingkungan kampus pada hari-hari biasa dan hari libur selain civitas Universitas
38 Lab Komputer di Gedung Transit Lt.4
39 Service fee biro perjalanan/tiket 2,5%
40 Marketing fee Umroh & Haji
41 Menara Masjid Ulul Albab 1
42 Jasa Pelayanan percetakan 10%
43 Jasa Pelayanan Penerbitan
44 Jasa pemasangan internet hotspot area, antena wifi service provider seluler dan, atau penguat signal komersial
45 Sewa Lahan Terbuka untuk sarana iklan/reklame/spanduk/pengumuman
46 Ruang Gedung Twin Towers untuk perkantoran, perbankan, dan lain-lain
47 Sport Center 1